Visi Misi

V I S I

“Terwujudnya Masyarakat Bengkulu Selatan yang sejahtera dalam

kebersamaan dan bersama dalam kesejahteraan, tertib, sehat, rajin

belajar dan berusaha, unggul bekerja, peduli terhadap lingkungan serta

mendukung program kebijakan nasional yang berazazkan keimanan dan

ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”

 

M I S I

  1. Mengedepankan Hati Nurani dalam mengambil kebijaksanaan serta menjadikan Iman dan Taqwa sebagai landasan utama pembangunan disegala bidang.
  2. Mewujudkan Kabupaten Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Masyarakatnya yang sejahtera dengan pemerataan pembangunan yang berdasarkan kajian azas manfaat dan kelayakan.
  3. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri rumah tangga dan kerajinan rakyat yang beroreintasi pasar untuk menuju kesejahteraan sosial dengan cara mewujudkan demokrasi ekonomi.
  4. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu Selatan dengan memperbanyak fasilitas dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  5. Membangun pendidikan yang murah dan berkualitas, membangun pendidikan yang berorientasi pada kualitas, pasar tenaga kerja dan penanaman karakter pada setiap perserta didik dengan mengembalikan budaya dan kearifan lokal sebagai modal utama pembangunan berkarakter di Bengkulu Selatan.
  6. Membangun industri kepariwisataan yang berskala nasional dan internasional terutama Arung Jeram dan Susur Sungai Air Manna yang arus jeram dan keindahannya berskala internasional, mengembangan tebat Gelumpai, Tebat Rukis menjadi objek wisata unggulan untuk wilayah Manna, mengelola pantai pasar bawah dan objek wisata lainnya sebagai daya tarik wisata yang akan menjadi daya tarik dan objek wisata yang berdaya saing.
  7. Mengembangkan ekonomi kerakyatan di wilayah pesisir (Coastal Agriculture) Kabupaten Bengkulu Selatan dengan pembangunan yang berkelanjutan, terpadu (integrated), dan berwawasan lingkungan terutama pengembangan pembangunan pelabuhan nelayan pasar bawah dan pino.
  8. Melakukan konservasi hutan beserta keanekargaman hayati yang ada di dalamnya tanpa menindas ekonomi kerakyatan yang berada di sekitarnya.
  9. Menggali dan mengembangkan potensi energi alternatif yang terbaharui (renewable resource) yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat kabupaten Bengkulu Selatan terutama (Tenaga Air, Matahari, dan Bio Gas/Bio Deisel).
  10. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan disiplin aparatur (profesionalitas birokrasi) pemerintah dan masyarakat.
  11. Menyediakan dan membangun infrastruktur yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat Bengkulu Selatan.
  12. Memperluas lapangan kerja dan menyalurkan tenaga kerja dengan sistem kemitraan bersama pihak swasta baik dalam maupun luar negeri dengan mendirikan TKI centre yang akan mencetak tenaga trampil untuk ditempatkan di Negara-negara maju.
  13. Meningkatkan peran wanita dan pemuda dalam pembangunan dan pendidikan untuk semua.
  14. Melatih keterampilan masyarakat melalui pendidikan kecakapan hidup dan kursus wirausaha desa.
  15. Mengembangkan pasar dan menciptakan jaringan pemasaran yang luas atas produksi hasil usaha rakyat Bengkulu Selatan.
  16. Menggali potensi sumber daya alam (SDA) untuk kemakmuran rakyat yang menjadi program unggulan Bengkulu Selatan.
  17. Bekerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah propinsi Bengkulu dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan.
  18. Menegakkan Pemerintahan Daerah yang bersih dan berwibawa.
  19. Membangun lingkungan yang nyaman, sehat dan asri.
  20. Menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.
  21. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
  22. Memutakhirkan tata ruang dan pemetaan wilayah dengan sumber dayanya.
error: